Sabtu, 31 Mei 2008


If you look at what you do not have in life, you don’t have anything, but if you look at what you have in life, you have everything.

AKHIRNYAAAAAA…..

Gua resmi lepas dari jungle, sekaligus juga gua balik ke Bandung. Berharap ga balik lagi ke Jakarta, physically deket sama dia & ikut ke mana juga he wants to go. Hehe…

Gua bersyukur gua bisa ngelalu‑in masa ini, perjuangan ini, juga pekerjaan ini. Bersyukur buat semua hal yang terjadi, segala kesempatan yang dateng & apapun yang gua dapet. Syukur buat perjalanan yang jadi sejarah hidup gua. I often feel unbelievable with such journeys of my life history. Yaaa sering engga percaya aja, koq gua bisa mengalami semuanya itu. Hahaha…

Masih kebayang di kepala gua, gimana keadaan gua dan gimana gua, waktu pertama kali dateng ke Jakarta, gimana pertama kali tinggal nge‑kos, gimana pertama kali gua masuk kerja, gimana penilaian pertama kali orang‑orang kantor sama gua, temen kantor pertama yang gua kenal, gimana pertama kali gua dipanggil Boss gua ke ruangannya, gimana pertama kali gua dikasih kerjaan yang harus gua kelar‑in, gimana pertama kali gua nge‑call legal documents sama colleague, apa tugas pertama gua di kantor, hmmm…. tugas pertama gua, bikin CROS buat pergantian Direktur satu company yang jadi klien kantor. Shock banget waktu bikin legal document seperti itu. Hahaha…. Engga ada experience, engga ada pengetahuan apa-apa, tau‑tau disuruh bikin dokumen begituan. Hahaha….

Masih inget juga partner kerja gua pertama di kantor…. Dia “ketua kaipang” jungle, haha…. Jadi dia sekretaris Boss gua, udah kerja 7 taun sama si Boss, pinter komputer, jago bahasa Inggris & bisa kerjaan2 hukum. Mantep banget pokonya & kita sekantor sering ledek‑in dia mulai dari “sekretaris hoki”, “Mami”, “Ketua”, “Ibu Camat”, “istri ketiga”, “suhu”….. banyak banget pokonya…Haha….

Ga lupa juga pertama kalinya gua naek busway, ke gereja, ke dugem, ketemu sodara2 gua di Jakarta, kenalan sama co, kategori oom‑oom, bule, sampe anak kuliah. Dari mulai asalnya dari dunia nyata, dunia maya, sampe ka dunia suara. Dari sejarahnya yang emang temen, temennya temen sampe ka sodaranya temen…. Hhh…. gila kalo dipikir‑pikir. Haha…. Kenapa bisa gitu, terus apa-apaan coba…

Masih inget juga gimana reaksi gua waktu pertama kali makan makanan mentah, maen sama my twins, jalan2 ke mall, ngafe, ngeluh soal kerjaan, ngaktif‑in lagi Friendster… Hmmm apa ya, banyak banget pengalaman yang layak gua inget & cerita‑in selama gua tinggal di Jakarta & kerja di jungle ini.

PERUBAHAN… itu yang kerasa banget sama gua. Selaen perubahan ini terjadi karena perjalanan waktu, perubahan atas diri gua juga engga lepas dari perbedaan suasana & tempat. Menurut gua, bener banget kalo pergantian suasana & berubahnya habitat kita itu bisa ngubah pandangan, pola pikir, sikap, tingkah laku, keyakinan, kadar kepercayaan diri, kemampuan, bahkan sampe ketegaran kita. Gimana kita bisa ngasih suatu persepsi buat satu kenyataan itu bisa sangat berbeda, cuman karena suasana & tempat itu berbeda. Gua bersyukur, pergantian suasana & bedanya tempat itu memberi perubahan yang positif buat gua. Keadaan yang tadinya sakit, bisa sembuh. Kenyataan yang dianggap super menyedihkan & malang, ternyata bisa dirasa bermanfaat & bisa menanamkan suatu kepercayaan di diri gua kalo gua engga se‑tragis itu. Pengetahuan yang awalnya sempit, bisa terbuka luas. Keyakinan yang tadinya engga ada, malah hopeless banget, bisa muncul lagi & hope bisa jadi bagian di waktu gua. Mimpi yang udah dilupa-in, akhirnya bisa muncul lagi & jadi spirit hari‑hari gua. Yaaaa perubahan yang terjadi sama diri gua ngebuat gua makin menghargai kesempatan & orang lain. Itu yang gua rasa‑in. Gua merasa jauh lebih baik & sangat bersyukur untuk semua yang pernah terjadi sama gua. Gua makin yakin kalo pengalaman, kenyataan & kejadian atas gua emang pieces of my life puzzle, yang harus gua temu‑in supaya nantinya bisa nunjuk‑in gambar yang indah. Selaen memberikan pengalaman, perjalanan waktu juga memberi gua kesempatan buat mengenal lebih banyak lagi orang, mendapatkan teman baik, sekolah, ujian, nulis novelette sampe traveling ke kota laen. Hmmm… bisa‑bisanya gua ditawar‑in kesempatan seperti itu & dapet keberuntungan dari setiap kesempatan itu…

TRUST… yang bikin hidup gua kerasa ringan & meaningful. Setelah beberapa waktu gua kehilangan iman, Tuhan mengetuk hati gua lagi buat berserah & percaya lagi sama Dia. Gua menanggapiNya & beban2 itu lepas. Gua merasa lega banget. Gua mengalami mujizatNya sampe gua bisa memaafkan & sanggup menerima semuanya. Seketika itu, gua menemukan lagi iman gua yang hilang & memutuskan buat menjadikan Tuhan sebagai seseorang yang terutama di kehidupan gua. Gua pengen Dia ngisi tempat pertama di hati gua. Seudah mendapatkan Tuhan, semua hal di kehidupan gua terasa bertambah. Penambahan itu sgt menghangatkan. Gua merasa sangat diberkati, sekalipun gua banyak masalah. Gua makin bahagia, sekalipun gua sering dikecewakan. Gua mendapat perpanjangan tangan & kasih Tuhan, melalui seseorang yang baik banget, sekalipun gua punya banyak kekurangan. Gua jauh dari yang namanya sepi, sekalipun gua sendiri & hilang. How great His love for me… Dari Dia yang engga bisa gua lihat, gua mengalami kuasaNya yang nyata & mendapat berkatNya yang engga berkesudahan. Hmm.... mungkin itu makna dari firman Tuhan, “Carilah dulu Kerajaan Allah & kebenaranNya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu.” Gua percaya banget itu.

PERTEMUAN…. Banyak banget pertemuan yang terjadi di kehidupan kita. Beberapa dari pertemuan itu sifatnya selintas. Beberapa yang laen, punya cerita berikutnya & selalu bersambung. Tapi yang pasti, setiap pertemuan itu, terjadi buat suatu alasan. Engga tau alesan yang cuman “alesan”, atau alesan yang nganter‑in kita ke alesan yang laen, atau juga alesan yang ngarah‑in kita ke suatu jalan. Gua pernah minta Tuhan mempertemukan gua dgn seseorang yang sederhana, yang bisa membimbing gua buat semakin mengasihi Tuhan & mengasihi gua dengan kasih Tuhan juga. Waktu berlalu & gua juga lupa sama apa yang pernah gua minta sama Tuhan. Gua membiarkan hari‑hari gua berlalu sama pekerjaan & temen‑temen aja. Sambil kerja, gua continue to school & masih nge‑rencana‑in buat sekolah lagi. Gua juga ngisi pikiran gua sama beban kerjaan & soal keluarga aja. Beberapa waktu gua lupa sama persoalan atau kepentingan diri gua sendiri. Gua ngerasa cukup untuk kehidupan gua yang seperti ini & tanpa sadar gua ngejar karier, nyusun rencana2 dengan dasar karier itu. Mungkin keenggasadaran itu terjadi krn gua kenal kemampuan yang Tuhan kasih ke gua, yaitu otak gua. Terlepas dari kepercayaan gua sama Tuhan & sisi "sok jago" gua, akhirnya gua cuman ngeliat kemampuan itu sbg satu‑satunya milik gua, engga ada lagi yang laen. Gua berpikir seolah cuman kemampuan itu yang berperan untuk gua & bisa nge‑jamin hidup gua nanti. Di suatu titik waktu, Tuhan ngejawab permintaan gua, yang udah gua lupa itu. Di waktu itu, gua menemukan seseorang lebih dari yang gua harap‑in. Tanpa gua sadar‑in, gua mulai suka dgn kehidupan baru gua & sejalannya waktu, gua malah makin dependent sama dia. Hahaha…. Sedikit demi sedikit, gua jadi engga “segila” itu lagi buat ngejar2 yang namanya karier. Sedikit shock sama kenyataan ini, krn gua ternyata gua dihadap‑in sama yang namanya pilihan. Ngejar karier yang menurut gua menjanjikan atau mulai mikir‑in seseorang yang menyayangi gua. Hmm…. gua engga bisa bohong‑in diri gua sendiri, dari lubuk hati yang terdalam, gua lebih berat ke dia. Gua terlalu kagum sama dia & pengen deket sama dia... hahaha.... Gua sgt bersyukur buat dia & pertemuan kami. Hope he is my soulmate yang jadi partner of my life. Hehe….

KELUARGA…. Beberapa waktu, physically gua jauh sama keluarga gua. Urbanisasi & ninggal‑in habitat gua. Buat gua, hidup kepisah sama keluarga gua kerasa lebih damai. Tapi engga berarti gua engga care sama mereka. Pada dasarnya, gua lebih mikir‑in orang laen daripada diri sendiri, tapi pengalaman mengajarkan gua bhw engga ada seorang pun yang bisa ngelepas‑in diri gua dari tekanan batin, kecuali diri gua sendiri. Jadi, seringkali keadaan yang terjadi nge‑buat gua harus bilang “cukup” sama diri gua sendiri, krn sifat dasar gua itu engga jarang jadi sumber datengnya tekanan buat gua. Kadang gua berpikir & nge‑rasa‑in, apa yang yang gua paham‑in soal keluarga & gimana perasaan gua sama keluarga. Hmmm.... gua sering nyerah aja ... jadi lebih bae pasrah aja. Gua urus & pikir-in kehidupan gua aja... Gua engga henti-hentinya berdoa buat campur tangan Tuhan dalam urusan keluarga gua. Gua percaya Dia akan mengatur & membuka hati mereka masing-masing. Akan tiba waktunya, setiap orang harus berpikir bijak & menjadi dewasa. Bukan buat kebaikan orang laen, bukan juga buat dapet pujian, bukan juga buat menjadi pribadi yang laen, tapi buat dapet kedamaian batin buat dirinya sendiri.

PERSAHABATAN.... Dalam masa kesenangan, temen-temen mengenal siapa gua & dalam masa kesusahan, gua mengenal siapa temen-temen gua... Ini yang gua alam-in. Gua bisa melihat, ngerasa-in & memutuskan, siapa temen baik gua & siapa "temen" gua. Temen baik menembus bates apapun, selalu memperhitungkan keberadaan gua & membuat gua punya arti. Gua punya kesimpulan begitu. Menurut gua, persahabatan adalah dasar dari semua hubungan yang ada di bumi. 2 orang yang baru berkenalan, engga akan bisa memperdalam perkenalan mereka, kalo mereka engga bersahabat. 2 orang yang sepakat buat jadi pasangan juga, engga akan bisa menemukan true love, kalo mereka engga bisa bersahabat. Hubungan antar-anggota keluarga juga engga akan baik-baik aja, kalo setiap anggota keluarga itu melupakan persahabatan di antara mereka. Pertemanan juga engga akan menemukan maknanya, kalo dalam hubungan itu engga ada pengertian soal sahabat. Bahkan hubungan kerja pun, bisa serupa mimpi buruk & ngebuat depresi, ketika engga ada "persahabatan" di sana. Hmmm.... itu yang gua dapet dari pengalaman....ga tau bener atau engga pendapat gua ini...

Untuk semuanya ini..... gua cuman bisa mengucap syukur & terima kasih...

Gua seneng banget, bisa menutup bagian ini, di jungle & di Jakarta... seindah awal gua memulainya...

Tidak ada komentar: