Senin, 07 April 2008


If you don’t like something change it,
If you can’t change it,
Change the way you think about it
.

Hari ini, gua berpikir demikian…. Perubahan, pengubahan, mengubah, diubah dan berubah….

Banyak hal dalam hidup gua yang udah berubah… entah siapa, atau karena apa, atau bagaimana bisa, semuanya berubah, mengalami perubahan, lewat proses pengubahan… Hidup gua udah mengubah kehidupan gua dan hidup itu diubah oleh banyak hal yang engga gua sadari, gua engga tau kapan semuanya dimulai… gua engga tau,

Jika kita melihat apa yang tidak kita punya, kita tidak akan memiliki apa-apa…. Tapi jika kita melihat apa yang kita punya, maka kita sudah punya segalanya…. Gua menganut prinsip demikian, tapi bukan berarti karena gua penganut prinsip seperti itu, gua jadi kukuh bertahan dan engga melakukan perubahan apapun buat hidup gua… membiarkan semua hal mengalir melewati kelokan sungai yang udah “mengaturnya demikian” hingga bermuara di lautan… melupakan (bukan memaafkan) semua hal yang udah terjadi dan pasrah menerimanya… Itu BEDA!!! Gua engga bisa menerima apapun yang terjadi di hidup gua ini, tanpa menyaring kategori “apapun itu”… ada beberapa hal yang memang engga bisa diubah dalam hidup ini… kita musti realistis dan menyebut mereka sebagai takdir atau suratan. Tapi ada hal-hal laennya yang bisa diubah, mereka nasib. Gua kudu menyikapi 2 hal ini dengan berbeda…

Life is like a PUZZLE.
Sometimes you may come across that just don’t fit, it doesn’t mean you give up and walk away.
You can focused and try to build on what you have, until you’ve built the perfect picture.
Never give up, never surrender.

Sejalannya waktu, gua senantiasa menemukan “one piece of my life puzzles”. Gambar apa yang diperlihatkan sama potongan2 puzzle itu emang belum jelas, engga tau malahan. Tapi untuk melihat dan mengerti gambar apa yang kelak akan disusun sama potongan2 puzzle itu, hanya ada satu hal yang bisa gua lakuin, yaitu mengumpulkan dan menyusun potongan2 puzzle itu…

Akhirnya…
Hari ini, gua bisa menyadari…. Buat apa gua kerja dan apa yang gua cari di tempat kerja gua sekarang ini? Kerja dan pekerjaan, tempat kerja dan pencarian… semuanya adalah bagian dari “gambar kehidupan gua”. Mereka adalah potongan2 puzzle yang kelak akan menentukan gambar gua itu… Sekecil apapun “peran” yang dibawa oleh potongan2 puzzle itu, tetep semuanya adalah bagian dari gambar yang kelak pasti sangat menakjubkan… Di waktu “kelak” itu, gua baru bilang, “Oh, ternyata maksudnya begini.” Atau “Oh, rupanya rencana dan jalan gua demikian.”

Gua mengerti bahwa potongan2 puzzle itu adalah milik gua, menjadi manifestasi dari harapan, mimpi, serta visi gua…. Gua bersyukur sama Tuhan, untuk semua yang gua punya dan mempercayai‑Nya untuk memberikan apa yang gua butuhkan… Itu semua adalah my puzzles.

Well, pieces of my puzzle… Hari ini, gua udah menemukan potongan2 puzzle yang segera gua susun di alas gambar, tempat gua mengumpulkan dan menyusun potongan2 puzzle itu… Saat ini, gua menemukan jawaban tentang pertanyaan “buat apa gua kerja”.

Gua bekerja buat menemukan Yang Sempurna, bukan buat menjadi sempurna… Yang Sempurna cuman Tuhan dan kesempurnaan adalah milikNya…

Di kehidupan ini, Ia cuman pengen gua berkarya, lewat talenta dan beruntungan yang udah Ia kasih buat gua, buat pilihan atas kesempatan yang udah dikasih sama keluarga gua dan teman-teman yang mengasihi gua, buat melayani sesama dan menjadi berkat buat banyak orang… sehingga ketika waktunya, saat gua bertemu denganNya, gua bisa menceritakan pencarian, penemuan, pencapaian, dan perjalanan hidup gua… termasuk di dalam itu, adalah pekerjaan dan tujuan kerja gua….

Apa yang gua cari di tempat kerja gua sekarang ini?
Absolutely detik ini gua udah tau… gua mencari pekerjaan di tempat kerja yang memanusiakan gua, kenyataan yang ada, memang engga demikian… tapi gua percaya, gua segera menemukan tempat bekerja yang bisa memperlakukan gua secara manusiawi… Pasti akan dibukakan jalan buat gua, ketika hati ini sepenuhnya meminta sesuatu... Tuhan tahu apa yang gua perlukan dan pasti memberikan apa yang terbaik buat gua….

Tidak ada komentar: