Jumat, 15 Agustus 2008

Akhirnya gua nyelesai‑in baca ‘Boy Meets Girl’‑nya Joshua Harris. Buku yang ngajak pembacanya buat nempat‑in Tuhan di pusat special relationship yang kita jalan‑in. Lewat ‘Boy Meets Girl’, gua belajar buat netep‑in arah yang jelas dalam percintaan, jadi deket tanpa berkompromi, nemu‑in dukungan dari komunitas yang peduli, nangan‑in masalah dosa masa lalu & ngambil keputusan benar tentang masa depan dengan tetep berpusatkan sama Tuhan. Gua pengen ‘percintaan yang bertujuan’ dengan kehadiran Tuhan.

Iya, jadi beberapa waktu belakangan ini, gua nyicil baca ‘Boy Meets Girl’. Di sela waktu luang gua atau di saat gua bosen banget di kantor, gua baca buku itu.

Buku yang bagus banget. Sungguh‑sungguh inspiratif & nenang‑in hati. Hmmm…. Ini motivation book sekaligus buku rohani terbaik yang pernah gua baca. Pas gua baca seperempat bagian dari buku ini, gua masih sempet bilang sama Onta, “Ta, kayanya buku ini engga sebagus I Kissed Dating Goodbye.”

‘I Kissed Dating Goodbye’ adalah buku Joshua Harris sebelom ‘Boy Meets Girl’.
Hmmm…. Engga tau‑nya… hahahaha… ‘Boy Meets Girl’ seratus kali lebih bagus daripada 'I Kissed Dating Goodbye’. Dasar, Pia… Pia… Ya, begitulah gua =)
Entah suatu ketepatan, atau emang cuman kebetulan doang, buat gua ‘Boy Meets Girl’ seperti jawaban atas pertanyaan‑pertanyaan gua. Buku itu bener‑bener bantu gua buat ngasih arahan dalam pertimbangan‑pertimbangan yang lagi gua lakukan.
Pada akhirnya gua memahami kalau setiap orang berpotensi & bisa meninggalkan gua kapan aja, tapi Tuhan engga demikan. Setiap orang juga berhak merencanakan kebahagiaan apapun buat orang yang dicintainya, tapi satu janji Tuhan. Dia selalu ngasih rancangan yang sangat indah di waktu yang tepat.

Membaca halaman per halaman ‘Boy Meets Girl’, ngebuat ‘kepercayaan’ itu semakin dalam dan iman sama Dia semakin nambah.
Buat gua, seorang cw biasa dengan umur menjelang 25 tahun, yang punya pekerjaan yaaa mungkin engga payah‑payah amat, tapi engga berasal dari keluarga yang normal ataupun kaya, dengan sekian pengalaman yang mengecewakan & kenangan yang cukup nyakit‑in, dengan perubahan demi perubahan yang terjadi sama hidup & diri gua, gua mengalami ‘kelengkapan’ itu saat gua punya seseorang yang gua rasakan sebagai soulmate gua. Iya, kehadiran Onta dalam hidup gua bikin gua ‘punya nilai’ lagi, bisa jadi ‘alesan’ kenapa orang memiliki kebahagiaan… Gua disayang‑in & gua tau, dia tulus banget sama gua.

Mungkin pikiran gua terlalu abstrak, bahkan mungkin aneh. Apapun anggapan itu, gua merasa keabstrakan & keanehan itu sangat menenangkan gua.
Penyelidikan by penyelidikan atas hati gua merupakan awal perenungan iman gua sama Dia & perasaan gua sama Onta.
Apa gua ‘sehormat itu’ sama Tuhan? Apa gua menganggap penting bimbingan & campur tangan Tuhan dalam hubungan lawan jenis yang lagi gua jalan‑in? Apa gua berserah sama Tuhan, menyerahkan diri gua plus rencana gua sama Dia? Apa gua percaya sama waktuNya, berkatNya & juga mujizatNya? Apa gua selalu membuka komunikasi sama Tuhan? Membiarkan ‘jalur’ doa selalu bebas dari hambatan apapun? Apa gua suka sama ‘kehadiran’ Tuhan dalam setiap langkah yang gua ambil bersama Onta? Apa gua yakin kalau Tuhan itu bener‑bener hebat? Apa gua menyukai Tuhan, sayang sama Dia? Apa gua bersedia & sanggup mencintai Tuhan dengan segenap hati & diri gua?
Bagaimana terhadap Onta? Apa gua tulus sama Dia? Apa gua memikirkan & melakukan ‘yang terbaik’ buat dia? Apa kejujuran gua engga sekedar ‘keuntungan’ buat gua? Apa yang gua harap‑in dari dia, dari hubungan dia & gua? Apa gua beneran sayang sama dia? Atau perasaan ini cuman bias‑bias dari sisi ego gua? Apa gua yakin sama dia? Apa gua sepenuh hati mengasihi dia sebagai sahabat & partner gua? Apa gua mengingini dia? Apa gua membawa kebaikan buat dia? Membuatnya bahagia? Apa gua dengan iman gua, memilih & meminta dia sebagai & buat jadi ayah dari anak‑anak gua? Apa gua mencintai dia seperti gua mencintai diri gua sendiri? Apa gua sungguh‑sungguh cinta sama Onta?

Tidak ada komentar: