Kamis, 31 Juli 2008

Ini yang namanya kualat... hahahaha.... Baru nulis, "Atasan gua udah pulang. ........tapi dia pulang, bawa semua barang bawaannya, sampe hadiah buat bayinya yang baru lahir... berarti dia engga akan balik lagi ke kantor ya...", HP gua bunyi.

Atasan gua telepon.

Pia, ke Dago Butik sekarang ya, ikutan meeting... hahahaha.... kualat kan gua... Gua langsung aja beres-in semua hard copy pertambangan gua ke dalem tas kerja gua. Ngacir aja ke Dago Butik.

di Dago Butik

Ada di sana Boss gua. Walaupun ini bukan the first meeting gua sama dia, waktu ini, gua dikenal-in sama Atasan gua ke dia. Boss bilang, "Selamet bergabung" sama gua. Moga-moga betah, katanya begitu.

Meeting lumayan lama. Beres-beres jam 16.00-an.
Gua denger-in, nyatet & berusaha ngerti... soal materi, trik & segala muatan di dalem proyek pertambangan ini.
Company tempat gua kerja mau ngelaksana-in "pengikatan" kerja sama sama Company laen di Jawa Timur, yang pernah (mungkin masih) punya kuasa pertambangan batubara. Kuasa pertambangan ini, punya lokasi di Kutai, Kalimantan Timur, buat area lahan kurang-lebih 8.000 hektar. Jadilah Atasan gua & gua kerja keras bikin MoU (Nota Kesepahaman) ini. Kayanya batubara prospeknya kayanya bagus lho... Beberapa taun ke depan, batubara bisa booming da, mengingat bahan bakar minyak udah menipis. Pengikatan ini akan dilakukan besok, 1 Agustus, di Jakarta.

MoU kudu jadi, ngarah peuting ieu bisa dibaca tuluy isukan ku urang dibawa ka Jakarta, begitu kata Boss gua.

Di sela Meeting, masih sempet gua denger obrolan-obrolan para Boss. Jadi Boss gua engga sendirian di sana, ada adiknya partner shareholder Company gua & ada orang lapangan pertambangan juga. Mereka ini para boss.
Para boss ini ngobrol-in soal pertambangan emas di Irian Jaya. Boss yang orang lapangan itu ngasih liat hasil foto di Irian Jaya sana.

Eta teh emas bener-bener guluntungan. Urang teh mun nyokot taneuh we sagenggam, eta teh emas wungkul...

Gelo-nya Indonesia teh, beunghar-beunghar teuing...

Heueuh... jalan di daratna oge kudu dua poe, naek pesawat nu ngan limaan...

Wah, ieu pilotna saha?

Ieu urang Dayak...

Kira-kira begitulah percakapan nyunda para boss itu.

MoU baru beres jam 16.50. Udah ada kurir yang nunggu buat dibawa ke rumah Boss. MoU itu juga kudu di-fax ke boss yang orang lapangan. Sambil nunggu fax nyambung, gua liat HP gua. Ada beberapa miscall & SMS.

Temen deket kuliah dulu, Juan, lulus dari Notariat-nya. Dia bilang thx u. IP-nya 3,58 (kategori hasil "sangat memuaskan"). Ada miscall dari dia. Gua inget kata dia, "Gua nti telepon lu ya Pia, begitu gua dinyata-in lulus." Inget kata dia itu, langsung gua telepon balik ke dia. Gua nyelamet-in dia & sorry, krn gua engga angkat telepon dia tadi. Gua ada Meeting.
Gua seneng da, ngedenger temen baik gua lulus. Dia suka sekolah, seneng sama belajar, sampe ka dia jadi dosen... Dia juga demen buku & gua bisa ngerasa-in kalo dia cinta banget sama pekerjaannya.

Dia cocok jadi Profesor. Gua bilang sama dia, someday lu bisa jadi Profesor.

Engga ah, gua ga mau. Itu mah gila atuh, Pia....

We'll see ya.... Who knows coba?

Ada SMS yang laen, juga miscall. Ini dari temen kerja gua di Jakarta dulu, Budi.

Gua baca SMS nya, "Pia, gua masuk-in surat resign hari ini."

Wooooouuuuuwww.... mantan Boss gua di Jakarta dulu, bener-bener setiap bulan kehilangan seorang pegawe. Bisa gila tuh dia. Runtutan kehilangan pegawe dimulai dari gua, senior gua & sekarang si Budi ini.

Fax kekirim...
Itu jam 17.20. Gua keluar. Ada Onta di parkiran, dia udah jemput. Kasian dia, pasti nunggu gua lama... Dia anter gua ke IP, gua mau temuan sama temen SMA gua, Ira. Gua tau my Onta BT da, dia engga marah sama gua, da mau marah juga marah apa... Gua cuman ketemu temen deket gua & temuan ini kan pastinya ngorban-in acara berdua dia bareng gua. Gua ngerti, dia sayang banget sama gua & kangen gua, makanya dia pasti pengen ngelewat-in sepanjang waktu sama gua, lebih-lebih waktu itu free. Dia engga kerja, gua engga kerja. Gua ngerti, tapi gua engga tau kudu ngomong apa. Ada "bahasa hati" kan... & gua udah mahir bukan sama bahasa itu... Hmmm.. dia engga banyak ngomong sama gua... Dari mukanya aja, gua tau kalo dia 'engga bae-bae aja'. Jangan pernah berharap, dia "ngebales" pegangan telapak tangan gua, kalo kondisi dia lagi begitu. Kata-katanya juga seenaknya banget. Kalo ngikut-in emosi yang samanya juga, bener-bener bisa perang mulut sama dia mah & dia bisa meledak-ledak. Gua cuman sanggup diem, da engga tau harus ngomong apa. Gua juga engga tau kudu ngeluar-in jurus apalagi buat ngehibur dia, pas dia nyebel-in kaya gitu. Gua berusaha buat bilang sorry aja & much better kalo pasrah aja. Udahlah, sok aja... baiknya lu pegimana... Di hati, gua mah cuman ngomong begitu aja... Jadi sedikit ngelega-in.

Gua tanya dia lapar atau engga. Dia jawab engga.
Hmmm... dia bohong pasti. Pasti dia lapar.
Gua diem.
Selang bbrp menit, gua janji dlm ati, kalo sekali ini, dia jawab 'engga'... ya udah, gua harus percaya kalo dia emang engga lapar. Gua tanya lagi, dia lapar atau engga. Dia jawab lapar. Hmmm mungkin dia jawab jujur soalnya denger gua belom makan siang... Sedikit seneng hati teh. Seengganya waktu gua bareng dia sedikit diperpanjang, seengganya dia bisa sedikit kehibur dari BT-nya krn kehilangan waktu buat nyantei berdua sama gua malem ini, seengganya gua teh masih punya waktu buat nge-liat perubahan mukanya. Hope dia lebih bae-bae lagi, sekalipun engga pure bae-bae & spt biasa....

di IP

Gua telepon Budi dulu bentar, bilang kalo nanti gua sampe rumah, gua telepon dia.

Onta & gua makan kangkung sapi hotplate Mandarin & udang mayonaise Obiku, minumnya teh upet, nasinya spt biasa... minta di Obiku =)
Untuk sementara, dia membaik. Ga lama, gua bisa ngerasa-in dia engga bae-bae lagi.

Ira dateng. Onta pulang.
Cepet-cepet gua bersikap 'biasa". Ada temen baik gua di depan gua, masa gua bersikap aneh, kan engga enak sama dia.
Ira & gua banyak cerita.
Dia cerita soal 'resign'-nya dari Comwealth bank.
Ga kuat, under pressure pisan, katanya begitu.
Ya, gua ngerti atuh, untuk ukuran cw dengan tingkah laku spt dia, dengan cita-cita spt dia, sampe ka dengan obrolan ala dia, mana bisa-lah dia kerja di tempat kerja seperti itu.
Dia juga cerita soal cie-sau dia yang berhasil.
Jadi di Comwealth bank, dia kerja jadi RM, atasan beberapa marketing. Ada satu nasabah yang pengen ngejodoh-in dia sama anaknya. Jadilah dikenal-in-lah dia sama anak nasabah itu sama nasabah ini, jadi Papanya co ini. Ira suka co ini. Katanya co ini kelihat bae, badannya tinggi besar, type-nya pisan, engga jelalatan sama cw, biarpun pernah tinggal di Amrik 12 taun, & beunghar pula. Hahahaha.... Dia pabrik plastik-keresek gitu, Pia... temen gua seneng banget.

Dia punya tabungan M-M-an lho, gua udah nanya, dia punya utang engga, temen-temen gua bilang engga... kata temen gua sambil ketawa-ketawa...

Hmmm.... spt biasa-lah se-food court IP ngeliat-in kelakuan kita deh.

Doa-in gua married taun depan ya, Pia...

Amin... As your hope...

Dia mulai cerita soal keluarganya. Sejak Papanya meninggal 4 taun yang lalu, keluarga besar Papanya jadi engga ngeharga-in keluarganya. Lebih-lebih keluarganya itu engga sekaya sodara-sodara dari Papanya itu. Ukuran "deket" & "dihargai" sama keluarga besar itu, cuman harta aja.
Mamanya sering nangis, ngerasa kesisih...

Makanya, alesan gua pengen dapet co spt itu, krn gua mau nunjuk-in sama mereka semua, kalo masih ada hal yang bisa 'dilihat' dari keluarga gua. Gua mah engga butuh deket, gua mah cuman butuh diharga-in. Mama gua dianggap...

Dia juga cerita soal keluarganya... Sekarang Dd co dia udah punya anak. Dia udah jadi aunt.
Empat taun udah berlalu & gua salut, keluarganya bisa menyimpan baik-baik soal itu.

Lu bayang-in Pia, kalo sampe keluarga besar Papa gua itu tau. Makin aja keluarga gua engga dianggap. Makanya kita semua teh nutup-in, makin dikit yang tau, makin bagus. Bilang aja anak itu teh keponakan siapa... sodara dari mana..

Tiap orang pasti punya masalah, tapi engga selalu tiap orang mau berharap.
Tiap cw pasti punya motivasi, tapi engga selalu tiap cw mau bermimpi.

Harapan & mimpi...
Biarpun engga sama, kedua hal itu serupa.... memberi kekuatan.
Ira & gua punya masalah masing-masing, kita sering share masalah kita. Dia menanggapi masalah gua dengan pola pikirnya yang cukup egois, ngasih jalan keluar dengan harapan "badai pasti berlalu" & nguat-in gua dengan iman "Tuhan mah pasti ngasih yang terbaik." Melalui dia, gua belajar buat mau mikir-in diri sendiri, percaya kalo segala sesuatu yang buruk itu ada expired-nya & that's right, Tuhan pasti ngasih yang terbaik, yang paling cocok buat gua.

Kekuatan & sahabat...
Sehebat apapun kehidupan ini, kekuatan itu engga bisa dilepas-in dari sahabat. Sebahagia apapun kehidupan gua, di dalamnya selalu kekuatan & sahabat itu turut mengambil bagian. Gua memahami demikian... Siapapun orang itu, dia adalah sahabat gua ketika dia hadir bersama kekuatan. Siapapun dia yang mengambil tempat di dalam hati gua, dia pasti adalah sahabat gua.

Gua baru sampe di rumah jam 21.05. Berarti dua jam lebih... Engga kerasa.... Ira & gua kuat selama itu ngobrol sambil makan HokBen. Hmmm....

Telepon Onta. Dia masih BT. Tapi ya udahlah, gua bisa memperbaiki apa. Dia suruh gua mandi... Ya udah, gua mandi, da aer masakan gua juga udah panas. Beres mandi, inget utang telepon sama Budi. Teleponlah Budi... Dia cerita lagi soal resign-nya, efektif 30 hari, berarti akhir bulan Agustus ini.

Doain gua keterima di perusahaan itu ya Pia. Gua bingung apa bener engga keputusan gua ini...


Gua bilang kalo sebenernya selalu ada satu pintu yang kebuka, ketika semua pintu kita pikir ketutup... Selalu ada harapan & mimpi bukan...
Dia juga bilang sama gua kalo dia mau maju-in perayaan Birthday-nya... Mungkin di bulan Agustus...

Abis teleponan sama Budi, gua telepon lagi Onta.
Akhir Juli yang menyedihkan.... gua engga enak banget sama Onta.
iarpun dia bilang 'bae-bae aja', tetep gua bisa merasakan kalo dia engga demikian. Apa yang salah? Engga tau. Siapa yang salah? Engga tau juga. Terus mempersalahkan apa? Lebih engga tau lagi.
Tapi kita berdua engga baik-baik aja... Hhhhh.... gua pikir kita udah terlalu deket Ta, terlalu sering ngelalu-in waktu bareng & saling tergantung. Lu perlu gua & gua juga gitu. Biar kita diem, engga ngapa-ngapa-in juga, kalo wujud kita sama-sama keliatan, kita udah puas. Jadi dgn otomatis langsung jadi engga bae-bae aja pas kita engga barengan ngelewat-in waktu.. Apa bener gitu?! Kayanya mah bener....


Tidak ada komentar: