Jumat, 18 Juli 2008


Sekarang gua kenal bahasa hati. Jadi bener, banyak hal yang engga perlu diungkap‑in, tapi tetep bisa dipahamin. Ternyata banyak pertanyaan yang engga perlu jawaban, tapi bisa ngasih argumentasi yang memuaskan. Banyak juga perasaan yang engga diomong‑in, tapi bisa ngebuat keadaan diri jadi engga bae‑bae aja.
Sekarang gua paham beratnya melakukan daripada sekedar berprinsip atau susahnya bersikap daripada ngomong atau juga ngejalan‑in komitmen daripada janji. Sekarang ada perasaan yang lebih parah daripada BT, kesel, sedih, atau kecewa sekalipun.
Perlu gua sadar-in kalo engga semua kata-kata gua, sikap gua, ataupun tindakan gua cuman sanggup bikin orang laen ngeluap-in emosinya doang. Kalo punya kepekaan sedikit aja, perasaan itu pasti bisa ngebuat perasaan yang laen menyingkir & pikiran yang emosional menjadi logis. Perasaan engga bae‑bae aja ampuh banget buat neken perasaan yang laen, perasaan itu bukan bagian dari emosi, tapi bagian dari dunia yang engga disadari & engga kenal alesan "kenapa". Gua cuman dipenuhi ketakutan & rasa salah engga pernah gua perkirakan sekalipun.
Sekarang gua tau siapa gua atau siapa dia. Gimana gua, juga gimana dia. Gua hidup dari kata-kata yang terucap, sama janji yang diikrar-in, singkatnya sama semua hal kasat mata, yang bisa gua pandang sama penglihatan gua. Gua bercerita lewat perasaan doang, lupa-in logika atau prioritas yang nyata, gampangnya sama hal-hal yang engga ada alurnya sama sekali. Terulang terus-menerus & muter tanpa ujung. Makin engga jelas, makin abstrak, atau makin ngambang... Engga lama gua ngerasa kalo gua ini nothing banget & berusaha buat bersikap "demokratis".
Ada waktunya gua cape buat hidup & cerita demikian. Ada baiknya, gua berubah buat jadi lebih baik. Sekarang gua udah dikasih Tuhan "cermin", yang dengannya, gua bisa belajar buat melupakan takdir, menjalani nasib & saling menyempurnakan kehidupan ini. Sekarang juga gua punya "bahu", yang bersamanya, gua bisa membagi sukacita & juga air mata. Sekarang gua didamping-in sama seorang "hero", yang di dekatnya, gua punya hidup & cerita yang ngedamai-in.
Sepulang kerja kemaren, gua makan malem bareng my soulmate. Kita sempet ke Gramedia, liat-liat buku & dia beli komik. Gua ngebaca satu kalimat iman kesukaan gua, yang dicetak di cover satu buku.
"GOD grant me the serenity to accept the things I cannot change, the courage to change the things I can, and the wisdom to know the difference."
Begitulah kalimat iman milik Reinhold Niebuhr.
Gua suka banget kalimat iman itu, sampe-sampe gua hafal sama susunan kata-katanya, sangat mengimaninya, tapi sama sekali engga melakukannya. Senyatanya, gua nerima kalo kalimat iman itu jadi engga ada bedanya sama kata-kata indah semata, yang cuman gua ucap-in di bibir dan gua simpen di hati.
Semalem, gua nyari surat baptis gua... ternyata kemaren itu tepat 9 taun hari baptisan gua. Hmmm... jadi 17 Juli 1999, gua officially beragama Katolik. Masih sempet gua teleponan & ngantuk setengah mati...
Jam 23.05-an, gua tidur & ngerasa nyenyak. Tapi ada sesuatu yang beda dalam kenyenyakan itu... Inget banget, kalo otak gua kerja, muter satu kalimat terus-terusan & tentu aja gua mikir. Gua engga tau kenapa bisa begitu... Apa karena gua nge-baca kalimat itu... atau apa karena baptisan gua memperbaharui roh gua... atau apa karena gua kenal perasaan engga bae-bae aja... atau apa karena emang udah saatnya... atau apa karena gua sadar diri, pengen berubah, punya komitmen... atau karena apa... Gua engga tau.... Pada akhirnya, gua memilih jalan & mengambil keputusan.
Sekarang gua punya sesuatu yang gua yakin-in.
Gua menemukan & bangun... udah subuh & gua harus bantu-in Popoh di toko.
Hope hari ini jadi berkat buat gua & bahagia buat dia selamanya...

Tidak ada komentar: