Jumat, 25 Juli 2008

Kurang semangat bangun.... Masih ngantuk. Jadi baru bener-bener sadar melek itu jam 05.10. Langsung bikin kopi buat Popoh & Papa gua, terus di toko. Ngitung ini-itu, ngeladang-in yang belanja, tau-tau langit udah terang, hmm... udah jam 06.00. Gua kudu siap-siap ngantor...

Ada aja kelakuan orang-orang di rumah teh, gua mah sampe engga abis pikir, mereka teh pengennya apa.
Kukuh gua sibuk ga jelas. Pergi. Anak-anaknya juga pergi sekolah.
Papa gua masak nasi sendiri, ga mau masakan nasi yang udah ada.
Dulu emang Kukuh gua yang masak, Papa gua ga mau makan, alesannya Kukuh gua jorok masaknya. Popoh aja yang berkorban istilahnya mah. Setiap pagi, bangun tidur, agenda Popoh yang kedua itu "masak nasi", seudah dia ngelaku-in jadwal pertama dia "nyala-in listrik aer". Hhh... gila aja itu si Papa, kan jadi nyakit-in Popoh atuh. Sama gua ditegor, eh malah jawabnya, "Masak juga buat si Tegalega."
Papa gua manggil anak cw Kukuh gua itu "Tegalega".

To be honest, gua ga suka sama sifat & sikap si Papa da. Apa ya?! Orang mah makin tua, kudu makin bijak, kudu makin punya hati yang tulus, mau memaafkan. Gua tau, si Papa benci adenya itu... Sampe kapanpun, sejarah itu nulis sama: Kukuh gua itu sumber utama ancurnya keluarga gua. Tema ribut Papa & Mama gua dari jaman baheula juga selalu karena adenya si Papa. Gua tau ngomong mah jauhhhhhhhhhh lebih gampang daripada bersikap atau melakukan, tapi coba dipikir, mau sampe kapan seperti ini. Yang udah mah udah... Orang lebih baik bisa "ngerasa", mana yang namanya nasib, mana yang namanya takdir. Lebih bijak juga kalo bisa maham-in perbedaan hal yang udah engga bisa dirubah sama sekali & hal yang bisa dirubah. Gua teh cape nanggap-in kehidupan keluarga gua ini. Gua ga sanggup aja, kalo kudu "nahan" akibat begini mah. Kenapa engga ngebiar-in gua bebas gitu, lepas dari yg namanya "sejarah".

Apa yang lu pikir tentang keluarga? Tentang orang tua?
Kalo gua sih nothing. Seseorang mungkin lupa buat apa yang udah lu katakan ataupun apa yang udah lu lakukan, tapi dia engga akan pernah lupa buat arti yang pernah lu berikan. Dan untuk ini... gua memaafkan semua yang terjadi, bahkan buat ke-nothing-an itu... toh emang engga ada yang perlu dilupa-in kan. Jadi apa yang perlu gua "bales" atau gua inget? Ga ada kan?! Ga perlu minta, soalnya tangan gua selalu di atas. Ga perlu nuntut, soalnya gua terlalu pasrah.

Hhhh, Popoh sendirian di toko jadinya. Ya udah, harus gimana atuh?! Sekarang gua udah kerja & merencanakan kebebasan gua dari keluarga & orang tua gua. Gua perlu mikir-in diri gua sendiri, harus egois & tega ngebiar-in orang nikmat-in masalahnya sendiri.

Gua udah di kantor nih, ada di depan komputer. Gua kudu telepon-telepon-in para Boss & lawyer company rekanan PT yang gua handle. Bikin banyak janji. Moga-moga lancar semuanya.... Hope temen-temen kantor gua "normal" today. Berharap mereka rukun & ngelewat-in hari ini tanpa saling nyakit-in.

Tidak ada komentar: